Monday 20 June 2016

Aplikasi Virtual Reality Taman Fatahillah Kota Tua

APLIKASI VIRTUAL REALITY TAMAN FATAHILLAH KOTA TUA

KELOMPOK:

1. Aan Khunaifi                       (10112005)
2. Dafiq Yudi Prasetyo            (11112654)
3. Dea Dendramaya                 (11112737)
4. Sarah Khoerunisa                (16112839)



A. Latar Belakang

     Perkembangan teknologi komputer saat ini sangatlah pesat. Hampir semua kegiatan manusia tidak terlepas dari bantuan komputer. Mulai dari kegiatan perdagangan, bisnis, pendidikan, perkantoran, perbankan dan lainnya. Hal ini dikarenakan perkembangan komputer yang semakin canggih baik dari segi perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Salah satu teknologi komputer dari sisi software yang banyak digunakan adalah teknologi virtual reality.

     Indonesia merupakan negara yang penuh dengan sejarah dan memiliki beragam budaya yang menarik. Sejarah yang terkandung didalamnya seperti sejarah perjuangan Indonesia untuk lepas dari penjajahan yang dulu pernah dirasakan oleh Indonesia. Belanda merupakan negara yang meninggalkan banyak peninggalan sejarah bagi bangsa Indonesia salah satunya adalah Oud Batavia.
Batavia Lama (Oud Batavia) atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan Taman Fatahillah Kota Tua. Di Jakarta Taman Fatahillah Kota Tua merupakan cagar budaya yang dulu dijadikan oleh Belanda sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas mereka seperti perdagangan, balai kota dan sebagainya. Setelah merdeka, Taman Fatahillah Kota Tua bukan lagi dijadikan sebagai balai kota, melainkan kini dijadikan salah satu tempat wisata sejarah. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung untuk menikmati nuansa bersejarah Taman Fatahillah Kota Tua. Hal ini merupakan bukti bahwa Taman Fatahillah Kota Tua tetap hidup meskipun sudah berusia lebih dari tiga abad.

     Teknologi komputer dapat digunakan untuk membuat wisata Taman Fatahillah Kota Tua yang dapat dinikmati oleh semua orang, bukan hanya warga Jakarta. Oleh karena itu, penulis membuat aplikasi Virtual reality kawasan wisata Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta, sehingga dapat memberikan pengetahuan tentang bangunan-bangunan yang berada disekitar Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta. Selain untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, tempat-tempat tersebut juga dapat menjadi tempat berwisata dan wahana hiburan yang tentunya sangat bermanfaat dan mendidik.

B. Tujuan Penulisan

     Tujuan penulisan ini adalah membuat aplikasi Taman Fatahillah Kota Tua dengan teknik virtual reality. Aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna untuk melihat setiap sudut objek yang terdapat didalam kawasan wisata tersebut. Aplikasi ini membuat pengguna dapat merasakan bahwa dirinya sedang berada di dalam kawasan tersebut dan dengan tampilan yang menarik membuat pengguna merasa tidak bosan berada di dalam aplikasi tempat bersejarah di Jakarta ini sehingga dapat menumbuhkan minat para pengguna untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta yang ada pada dunia nyata.

C. Gambaran Umum

     Aplikasi pada penulisan ilmiah ini dibuat untuk platform personel computer dengan sistem operasi Mac OS. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah agar pengguna dapat merasakan bahwa dirinya sedang berada pada objek wisata Taman Fatahillah Kota Tua. Selain itu, pengguna juga dapat mengetahui informasi dari semua bangunan yang berada dalam objek wisata Taman Fatahillah Kota Tua virtual ini. Informasi yang ada pada aplikasi ini berupa nama, keterangan, fungsi bangunan dan sebagainya.
Aplikasi ini dimulai dengan halaman splash screen sebelum masuk ke halaman menu utama. Halaman splash screen berisi animasi standart dari software Unity5. Halaman ini juga berfungsi untuk mempercantik tampilan serta memberi waktu aplikasi untuk memuat semua resources yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi.

     Pada halaman menu utama aplikasi ini terdapat empat buah menu, yaitu menu mulai, menu bantuan, menu tentang, dan menu keluar. Menu mulai apabila kita pilih akan menuju halaman utama dalam aplikasi Virtual Reality Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta.

     Menu bantuan akan membuka halaman baru yaitu halaman bantuan yang berisi cara menggerakan karakter dan cara melakukan interaksi pada permainan, sehingga pengguna mengetahui tombol apa saja yang digunakan dalam permainan. Menu tentang menampilkan halaman penjelasan dan tujuan dari pembuatan aplikasi ini. Selain itu, pada menu ini ditampilkan informasi singkat tentang pembuat aplikasi. Menu terakhir adalah menu keluar yang berfungsi untuk mengeluarkan aplikasi. Menu ini digunakan untuk menutup dan keluar dari aplikasi.

D. Hasil Analisis

     Berdasarkan dari hasil analisis rancangan yang penulis buat maka akan didapatkan kelebihan dan kekurangan dari aplikasi sebagai berikut :

·         Kelebihan aplikasi Virtual Reality Taman Fatahillah
1.      Aplikasi membuat para pengguna seolah-olah bisa merasakan suasana yang ada pada kawasan            Taman Fatahillah.
2.      Aplikasi berisi informasi-informasi yang dapat nenambah pengetahuan para penggunanya.
3.      Dengan Virtual Reality membuat para pengguna tidak merasa bosan belajar dan mengenal sejarah yang ada pada Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta

·         Kekurangan aplikasi Virtual Reality Taman Fatahilah
1.      Aplikasi Virtual Reality ini hanya berjalan pada Desktop dengan sistem operasi Mac OS.
2.      Hanya menampilkan bangunan luar di kawasan Taman Fatahillah.
3.      Aplikasi akan berjalan sangat lambat pada komputer yang memiliki VGA dan RAM yang kecil.

E. Batasan Masalah

     Penulisan ilmiah ini membahas tentang bagaimana membuat apliksai virtual reality Taman Fatahillah Kota Tua. Pembuatan objek dalam aplikasi ini akan menggunakan software SketchUp Pro 2015. Objek data aplikasi ini meliputi bangunan dan objek-objek lain disekitar Taman Fatahillah Kota Tua. Pembuatan aplikasinya menggunakan Unity5 dan aplikasi ini dibuat pada komputer berbasis desktop.

     Bangunan yang terdapat di Kota Tua Jakarta cukup banyak oleh karena itu, dalam penulisan ini penulis membatasi pembuatan objek dengan hanya membuat 8 bangunan saja yang terdiri dari Museum Fatahillah, Museum Wayang, Gedung Arsip Bank Mandiri, Kantor Pos, Batavia Café, Gedung Jasindo, Bank Mega serta Museum Seni rupa dan Keramik yang berada disekitar Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta. Para pengguna aplikasi ini nantinya akan diajak berkeliling untuk mengenal apa saja yang ada pada kawasan Taman Fatahillah Kota Tua, berupa bangunan yang berada disekitar lokasi tempat wisata tersebut, info-info mengenai bangunan disekitarnya, info jam operasional bangunan sekitar Taman Fatahillah Kota Tua dan harga tiket untuk masuk kedalam bangunannya. Selain itu, pembuatan objek 3D pada aplikasi ini nantinya hanya akan menampilkan bangunan gedung bagian luarnya saja, artinya bagian dalam dari masing-masing bangunan tidak akan ditampilkan. Adapun bagian dalam bangunan yang akan ditampilkan hanya tiga banguan, yaitu Museum Fatahillah, Museum Wayang dan Museum Seni rupa dan Keramik.

F. Perancangan

      1. Use Case Diagram





Terlihat perbedaan dimana setelah di analisis ada penambah Museum Seni dan Keramik serta informasi dari Museum Fatahillah, Museum Wayang dan Museum Seni dan Keramik.

      2. Struktur Navigasi



      3. Perancangan Tampilan Mulai



G. Kesimpulan

     Aplikasi Virtual Reality Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta ini telah dianalisis, adapun hasil analisisnya, yaitu aplikasi ini dapat digunakan oleh para pengguna untuk melihat setiap sudut objek yang terdapat di Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta dan membuat para pengguna seakan-akan sedang berada di kawasan tersebut. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk dapat merasakan suasana di dalam Museum dan dapat mempelajari sejarah yang terkandung pada setiap bangunannya.

H. Saran

     Pembuatan apliaksi Virtual Reality Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta ini berbasis 3D rendering, sehingga aplikasi akan berjalan sangat lambat pada komputer yang memiliki VGA dan RAM yang kecil. Selain itu, untuk membuat aplikasi lebih menarik bisa dengan memperluas dunia cakupan virtual reality dengan menambah objek 3D sehingga kawasan Virtual Reality tidak hanya Taman Fatahillah dan para pengguna dapat masuk kesemua bangunan yang berada pada Taman Fatahillah hal tersebut dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk perbaikan dalam pengembangan aplikasi ini ke versi selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment